10 hal yang lebih muda dari gerindra

partai gerindra lahir pada 6 februari 2008, itu artinya tahun 2018 ini mereka sudah berusia 10 tahun.

iya, tulisan ini memang muncul terlambat, namun karena sudah sebulan belakangan spanduk ucapan selamat bertengger di sekitar rumah saya (lengkap dengan slogan lama yang cuma diubah sedikit), saya jadi terus terngiang akan situasi ini. bisa jadi, 2019 nanti saya mencoblos gerindra.


random does not equal funny

nah, sebagaimana norma di indonesia, partai yang sudah berusia 10 tahun atau lebih bisa digolongkan sebagai partai hebat. berikut adalah 10 hal yang lebih muda—sehingga tidak lebih hebat—dari partai pak prabowo ini.

1. masa jabatan jokowi sebagai presiden

membicarakan (partai) pak prabowo tanpa mencatut nama presiden jokowi tentu bagaikan sayur yang tidak diberi cukup natrium klorida. sejak disumpah pada 20 oktober 2014 lalu, pak presiden sudah menjalankan jabatannya selama 1.235 hari atau 3 tahun lebih 4 bulan. selama menjadi presiden, pak jokowi cuma bisa memboroskan uang negara untuk membangun 2.623km jalan tol dan membagi-bagi sepeda.

dalam 10 tahun, partai gerindra telah membangun 0km jalan tol, yang tentu membutuhkan biaya yang jauh lebih sedikit, sehingga lebih hemat.

2. pilpres 2014

membicarakan presiden jokowi dan (partai) pak prabowo dalam satu artikel tentu kurang syahdu bila tidak membicarakan arena pertarungan mereka: pemilihan presiden republik indonesia 2014. secara teknis, pilpres 2014 hanya 3 bulan lebih muda daripada masa jabatan jokowi, namun gaungnya secara resmi ditabuh sejak 14 maret 2014, pukul 14:44 waktu indonesia barat.

tidak banyak yang dicapai pilpres 2014 selain berhasil meningkatkan kemampuan analisis politik rakyat indonesia, serta munculnya lapangan kerja baru sebagai "aktivis internet" dan "aktivis lapangan profesional".

partai gerindra? pada periode yang sama, mereka sudah berhasil meyakinkan lebih dari 14 juta rakyat indonesia untuk memilihnya, dan 62,5 juta rakyat untuk memilih pak prabowo sebagai presiden (angka ini tentu tidak bisa dibandingkan dengan 0 juta rakyat yang memilih pilpres 2014).

3. mobile legends

oke, mari berlepas sejenak dari politik..

siapa yang tidak kenal mobile legends? sejak dirilis pada 11 juli 2016 (1 tahun 7 bulan lalu), rakyat indonesia kedatangan kegiatan rutin baru: push rank. pada bulan oktober 2017, diperkirakan ada 8 juta pemain aktif mobile legends di tanah air.

jumlah yang besar ini ternyata bukanlah sebuah refleksi kebaikan, karena saat ini mobile legends banyak dituduh sebagai biang kerok permasalahan rumah tangga di nusantara. jangan lupa juga soal "blokir dari kominfo" yang sempat marak!

tentu saja, ini berbeda dengan partai gerindra. selama 10 tahun berkarier sebagai partai besar, gerindra tidak pernah sekalipun membuat rakyat indonesia kecanduan game, apalagi membuat anak-anak dan keluarga merana. masalahnya, tidak mungkin partai gerindra menyebabkan itu semua, karena jumlah download-nya saja baru sekitar sepuluh ribu.

4. ps4 dan xbox one

omong-omong soal game, dua konsol game terbesar saat ini, playstation 4 dan xbox one, juga tidak lebih tua dari partai gerindra. masing-masing baru dirilis pada 15 dan 22 november 2013, atau 4 tahun 3 bulan yang lalu. selama kurun itu, ps4 hanya mampu menjual 70 juta unit (per 31 desember 2017) dan xbox one 19 juta unit (januari 2016).

seperti mobile legends, kedua konsol game ini banyak dituduh sebagai sumber permasalahan, terutama anak-anak yang menjadi lebih mudah marah dan melakukan kekerasan. game-game seperti grand theft auto v dan call of duty yang penuh dengan adegan kekerasan adalah sumbernya.

partai gerindra, seperti yang saya sebutkan di poin sebelumnya, tidak akan mungkin membuat anak-anak menjadi kasar. mereka pasti lebih memilih untuk memikirkan cara mengisi perut-perut yang lapar dan otak-otak yang perlu diasup dengan nutrisi, demi indonesia raya.

5. pernikahan raffi-gigi

raffi ahmad dan nagita "gigi" slavina resmi menikah pada 17 oktober 2014, atau 3 hari sebelum pak jokowi jadi presiden jokowi. diklaim menelan biaya 10 miliar, pesta super heboh ini hanya mampu membuat raffi-gigi menjadi pasangan selebriti terkaya dengan belasan unit bisnis, termasuk film cgi yang sebenarnya lebih merupakan kado untuk anaknya.

saya tidak tahu pasti, namun pasti partai gerindra punya cara sendiri untuk mendulang uang bagi partainya. tentunya dengan cara-cara yang lebih elegan dari jualan keripik dan body spray ala raffi ahmad.

oh ya, partai gerindra juga nggak pernah merilis film "sia-sia" yang rating-nya cuma 1,2.

6. go-jek

banyak yang nggak tahu, go-jek ternyata sudah eksis jauh sebelum aplikasinya meledak (secara figuratif) pada tahun 2015. ya, menurut wikipedia, go-jek sudah beroperasi sejak bulan oktober 2010, atau sekitar tujuh tahun lalu.

sepanjang kariernya sebagai aplikasi ride-sharing, go-jek hanya mampu membuat rejeki tukang ojek pangkalan berkurang. tidak hanya tukang ojek pangkalan, go-jek (melalui mitranya) berseteru pula dengan supir taksi blue bird. hingga kini, efek go-jek masih terasa dengan masih adanya tempelan-tempelan tentang larangan bagi "ojek online" untuk melewati tempat tertentu.

partai gerindra, dalam 10 tahun, tidak pernah memulai perkelahian dengan tukang ojek maupun supir taksi. saat ini, mereka hanya bertarung untuk merebut kembali indonesia tahun 2019 mendatang.

7. internazionale milan musim 2009/10

karena sudah terbiasa tidak juara, bagi penggemar inter, musim 2009/10 sudah terasa lama sekali. padahal, tim ini baru resmi terbentuk pada 4 januari 2010 (8 tahun lalu), ketika goran pandev bergabung dari lazio. pada akhir musim, tim ini mencatat sejarah sebagai tim italia pertama yang memenangkan tiga gelar "utama" di eropa, yaitu liga lokal, piala lokal, dan liga champions.

meskipun terdengar hebat, nyatanya pada musim berikutnya inter bagaikan kerupuk yang direndam terlalu lama di kuah sayur sop. mudah sekali kalah dan sulit sekali bangkit. maka dari itu, bisa dibilang trigelar inter memberi lebih banyak mudharat daripada manfaat.

berbeda dengan partai gerindra yang tidak pernah memenangkan gelar treble, sehingga relatif aman dari bencana. namun, perlu diingat bahwa apabila pada 2019 gerindra tidak berhasil merebut indonesia™, mereka akan tiga kali berturut-turut gagal menang pemilu.

8. masuk ke dan lulusnya maudy ayunda dari oxford

mari kembali ke dunia hiburan.

ayunda faza maudya atau lebih dikenal sebagai maudy ayunda adalah salah satu artis paling pintar di indonesia. bagaimana tidak, ia adalah lulusan oxford university, tidak seperti presiden jokowi yang hanya lulusan ugm.

maudy menjadi mahasiswa oxford sejak 2013 dan lulus kira-kira 3 tahun kemudian, tepatnya 4 oktober 2016. ia adalah orang indonesia pertama yang lulus dari jurusan politics, philosophy, and economics (ppe) di oxford. selain masuk dan lulus dari oxford, maudy juga pernah ber-selfie dengan (mantan) perdana menteri inggris david cameron. tanpa ada yang tahu, selfie tersebut malah membawa petaka bagi cameron, yang harus turun jabatan pada bulan juni 2016 karena brexit.

partai gerindra, selama 10 tahun, tidak pernah masuk ataupun lulus dari oxford, dan tidak ber-selfie dengan cameron, sehingga tidak bisa dibilang bertanggung jawab atas keluarnya inggris dari uni eropa. malah, akibat selfie dengan kader gerindralah, donald trump bisa menjadi presiden amerika.

9. karier rich brian

anak kecil ini baru memulai kariernya pada tahun 2015, berbeda tujuh tahun dari gerindra (saat itu belum partai besar karena belum 10 tahun). selain itu, meskipun mengklaim dirinya sebagai musisi, brian baru merilis album pada 2 februari 2018, atau beberapa hari sebelum gerindra berusia satu dekade.

album tersebut, berjudul amen, mengantar brian menjadi musisi (solo) asia pertama yang memuncaki tangga album hip-hop di itunes. coba lihat komentar di bawah twit itu, dan hitung berapa orang yang menyangsikan prestasi brian.

apakah prestasi partai gerindra dalam merilis album hip-hop pernah dipertanyakan? coba tanyakan pada diri anda sendiri.

10. video klip "i heart you"

bagi sebagian orang, aksi joget-joget enam pria muda di youtube bisa membuat muntah (secara figuratif), namun, bagi orang-orang bijak, hal yang sama bisa bermakna lain. ya, terlepas dari kontroversinya, lagu i heart you dari sm*sh bisa dibilang adalah pembuka keran bagi derasnya arus boyband (dan girlband) ala-ala korea di indonesia. setelah 2010, kita bisa melihat ada kenaikan sebesar 209% pada jumlah kelompok musik sejenis di nusantara.

tapi tetap saja, sebagian besar rakyat indonesia tidak menyukainya. setelah dirilis di youtube pada 4 oktober 2010, atau 7 tahun lebih 5 bulan lalu, video klip i heart you hanya berhasil mendapat sekitar 5 juta kali tayang, dengan jumlah dislike (12 ribu) yang jauh lebih banyak dari jumlah like (7 ribu).

di sisi lain, salah satu momen terbesar gerindra di youtube adalah ketika pak prabowo memberi pesan video soal pilpres 2014. dengan hanya lebih dari 1 juta kali tayang, video tersebut mendapat jauh lebih banyak dislike (24 ribu) dan like (15 ribu) daripada smash. luar biasa.

salam indonesia raya.

Comments