10 alasan mengapa kita harus memakai lampu

lampu sungguh penting

tidak bisa dipungkiri, keberadaan lampu merupakan salah satu pencapaian terbesar dalam sejarah peradaban manusia. sejak ditemukan pada akhir abad ke-19, lampu sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia modern.
mau bukti? lihat sekeliling kamu, hampir tidak mungkin kan rumahmu tidak berlampu? bagaimana dengan di jalan depan rumah? pos ronda? lapangan badminton?


pertanyaannya: mengapa lampu-lampu itu ada? apakah kita benar-benar harus memakai lampu? berikut sepuluh alasannya.


***

1. tanpa lampu, kamar akan gelap

tanpa banyak cing-cong, ini adalah alasan yang paling mendasar. ketidakadaan alat penerang, khususnya lampu, pasti membuat kita kewalahan. ada banyak hal buruk yang bisa diakibatkan dari sana: salah ambil kaos kaki, terjatuh dari tempat tidur, hingga sulit menemukan lubang (kunci).

2. membeli lampu di warung membantu kesejahteraan rakyat

penggunaan lampu tentu memunculkan konsekuensi untuk membeli lampu terlebih dahulu. di banyak tempat di indonesia, lampu adalah salah satu barang konsumsi yang banyak dijual di warung. dan tanpa perlu dijelaskan lagi, kita tentunya tahu bahwa warung termasuk penggerak ekonomi kerakyatan.

3. agar bisa menghemat energi

di era semaju sekarang ini, teknologi lampu tentu sudah berkembang dengan sangat pesat. dulu, lampu yang lazim ada di rumah tangga adalah yang berbentuk bulat (yang biasa kamu lihat di rumah jadul, atau yang muncul di atas kepala tokoh kartun); sekarang, lampu jenis led yang hemat energi sudah banyak digunakan--membuat penggunaan energi di rumah semakin sedikit.

4. cara kita menghormati kerja keras penemu semacam thomas edison

siapa yang tidak kenal thomas alva edison? oleh dunia, edison dianggap sebagai penemu lightbulb (bohlam), yang merupakan cikal bakal lampu modern yang kita gunakan saat ini. dengan menggunakan lampu, terlepas dari jenis dan teknologinya, secara tidak langsung kita sedang mengenang dan menghormati jasa beliau.

5. fasilitas flashlight di ponsel kurang efisien

mungkin kamu termasuk orang yang berpendapat seperti ini: "buat apa mahal-mahal beli lampu, toh smartphone saya ada flashlight-nya. sama terangnya kok". tidak ada yang salah dengan pendapat itu. sama sekali. hanya saja, kamu mungkin sadar bahwa: 1) baterai smartphone kamu terbatas, 2) jangkauan cahanya tidak luas, dan 3) kamu mau beli berapa smartphone untuk menerangi seluruh rumah?

6. menghibur spesies tertentu, misalnya laron

kamu pasti sangat familiar dengan situasi di mana sekelompok serangga mengerubungi lampu taman. beberapa spesies serangga, seperti laron, memang punya ketertarikan pada cahaya. dengan menggunakan lampu, artinya kita peduli lingkungan dengan menyediakan hiburan "gratis" untuk mereka.

7. untuk memberi sinyal pada orang luar, terutama maling, bahwa ada orang di rumah

ada beberapa orang yang sengaja meninggalkan rumahnya dalam keadaan lampu menyala. hal ini biasanya bertujuan untuk "menghalau" penyusup seperti maling, dengan asumsi bahwa tidak mungkin ada orang yang membiarkan lampunya menyala tanpa tujuan. apakah kamu termasuk yang memakai strategi serupa?

8. bisa membantu menghangatkan ruangan

matahari memindahkan energi ke bumi melalui proses radiasi. kita bisa menganalogikan proses yang sama pada lampu kamar. meski tidak sesignifikan matahari, lampu juga memiliki kemampuan untuk menghangatkan ruangan. pada contoh yang kecil, kita bisa melihat bagaimana peternak ayam meletakkan lampu di atas telur--untuk membantu penetasan.

9. ajang uji nyali saat penggantian bohlam

bohong jika kamu tidak merasa deg-degan ketika mengganti bohlam. kalaupun kamu tidak takut ketinggian (karena umumnya lampu diletakkan di langit-langit), setidaknya perasaan "ngeri-ngeri sedap" saat memasang bohlam pada tempatnya cukup intens untuk mengeluarkan keringat dingin.

10. menyediakan lapangan pekerjaan bagi yang ingin berjualan tongkat pemasang lampu

kalau kamu suka jalan-jalan di itc, kamu pasti pernah setidaknya satu kali melihat tukang jual alat ini. bentuknya seperti galah dan di ujungnya dipasang penjepit bohlam. bayangkan, tanpa konsumen lampu seperti kita, jualan apa mereka?

***

itulah 10 alasan mengapa kita harus memakai lampu. bagaimana? apakah sekarang kamu lebih tercerahkan?

Comments

Post a Comment